Rincian Modal Buka Usaha Cafe dan Strategi nya

Rincian Modal Buka Usaha Cafe dan Strategi nya

3d cafe,cafe latte art,ripple maker indonesia,ripple market,coffee printer,coffee latte art,warung kopi,usaha warung kopi,harga coffee maker,mesin kopi murah, harga mesin kopi,perlengkapan kopi, alat alat untuk coffee shop, jual peralatan kedai kopi

 

coffee printer murah - Berapa modal buka cafe? Ada beberapa sumber menyebutkan modalnya cukup Rp 10 juta sudah bisa buka bisnis cafe mini, Tapi pertanyaan nya apakah modal itu cukup? lalu berapa perkiraan yang benar. Dalam dunia per Kedaian cafe kita mengenal istilah cafe mini, mungkin saja Rp 10 juta cukup tapi pas - pasan. di artikel ini kami jabarkan modal yang sebenarnya, simak baik - baik ya juragan.

Perlu diketahui bahwa, Bisnis cafe adalah bisnis nongkrong, dimana pelanggan nya adalah orang orang yang ingin santai, ngobrol dan sekedar capcuss dengan kenalan atau teman dan keluarga tercinta. Kafe selain di mall tempat yang lagi tren sekarang adalah cafe yang minimalis yang berada di pinggir jalan. Artinya, Kalo kamu hoby nongkrong tentu inspirasi untuk usaha baru anda ya buka kafe. Karena jika memang hobi kongkow bareng teman ya ini bisa jadi modal anda. Artinya peluang bagi anda pribadi selaku pemilik toko besar lho.

Perlu diketahui, saat ini kafe makin hari makin dicari karena pasti semua orang menginginkan tempat yang baru yang belum pernah mereka kunjungi, betul gk? Saat anda mulai melirik bisnis kafe, anda harus tahu asumsi modal dan strategi agar kafe anda ramai disinggahi.

Ingat usaha cafe juga bisa dijadikan area rekreasi nongkrong, terutama bagi pelanggan yang ingin mendapatkan penyegaran dalam hal baru. Apalagi kalo cafenya unik pasti banyak yang dateng, tapi jangan cafenya aja lho yang unik tapi rasa juga harus enak biar pembeli puas dengan rasa plus puas dengan gaya..heee.

Saat ini cafe sangat mudah sekali untuk dijumpai disetiap sudut kota dengan berbagai macam konsep. Jika Anda berminat untuk membuka usaha cafe namun terkendala modal, maka Anda tidak perlu khawatir. Kamu masih dapat membuka bisnis ini dengan modal yang sedikit namun tetap menguntungkan.

Berikut modal yang harus dikeluarkan untuk membuka usaha cafe, Rincian modal di bawah ini untuk cafe mini Berkisar antara 20 hingga 25 jutaan. dan ini adalah analisa contoh modal bagi pemula untuk membuka cafe sederhana karena setiap daerah memiliki harga masing masing :

    Sewa toko/bangunan selama 1 tahun = Rp 8.000.000
    Meja dan kursi 10 set @Rp 100.000 = Rp 1.000.000
    Etalase = Rp 1.000.000
    Peralatan makan piring, gelas dan lain-lain = Rp 1.500.000
    Peralatan masak, kompor dan lain-lain = Rp 3.500.000
    Bahan baku awal = Rp 3.000.000
    Biaya lain-lain = Rp 4.000.000
    Gaji pelayan 2 orang = Rp 2.000.000
    Total = Rp 24.000.000


Jika akumulasi Secara rinci modal usaha kafe minim seperti yang dikutip dari blog.duitpintar.com Analisa biaya tersebut bisa dengan Rp 20 juta dengan rincian sebagai berikut:

Modal Peralatan Cafe

    Moka pot (alat seduh kopi sederhana)= Rp 250 ribuS
    yphon (alat seduh kopi dengan saringan) = Rp 1,1 juta
    V60 (penyeduh kopi dengan filter paper) = Rp 120 ribu
    Vietnam drip (alat manual brewing) = Rp 100 ribu
    French press (alat penghilang ampas kopi) = Rp 325 ribu
    Ketel pemanas = Rp 130 ribu
    Mesin grinder (alat penggiling kopi) = Rp 300 ribu
    Server kopi (alat saji kopi) = Rp 200 ribu
    Gelas pengaduk kopi = Rp 50 ribu
    Milk jug (alat pembuat cream/buih susu) = Rp 130 ribu
    Mini burner (kompor mini pemasak kopi) = Rp 360 ribu
    Total = Rp 3.065.000

Modal Perlengkapan Cafe

    Meja + Kursi = Rp 700 ribu
    Cangkir saji + alat masak air + kompor = Rp 700 ribu
    Aksesoris pelengkap ruangan = Rp 500 ribu
    1 Pegawai= Gaji Rp 1 juta
    Kopi + susu + teh + bahan makanan = Rp 1,5 juta
    Total = Rp 4.400.000

Biaya lain-lain

    Biaya retribusi / perizinan usaha = Rp 150 ribu
    Bayar pasang listrik prabayar 1300 VA = Rp 1.700.000
    Total = Rp 1.850.000

Estimasi Biaya Keseluruhan
= Rp 3.065.000 + Rp 4.400.000 + Rp 1.850.000
= Rp 9.315.000
= Rp 20.000.000 – Rp 9.315.000 = Rp 10.685.000

Dari total simulasi di atas, sisa uang modal sebesar Rp 10.685.000 disimpan untuk dana operasional selama 3 bulan ke depan.
Ilustra cafe room (via minithaicafe)
Baca juga:

    Modal Usaha Kebab yang Menguntungkan
    Cara Agar Kafe Tidak Sepi Pengunjung
    Peluang Usaha Kedai Kopi Ala Cafe
    Modal Paling Minim Buka Usaha Kedai Kopi ala Cafe

Strategi Usaha
Buatlah cafe yang sederhana namun dengan konsep yang matang. Konsep cafe tersebut yang nantinya berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis Anda. Lalu seperti apakah taktik dan kiat jitu untuk membangun usaha kafe menjadi sukses dengan modal yang minim ini? Berikut ulasannya:
1. Pilihlah tempat yang sesuai dan nyaman
2. Menu makanan
3. Nama yang unik
4. Perhatikan harga bahan baku

Jangan memilih nama yang sulit diingat atau sulit diucapkan. Anda harus mencari nama yang unik namun menarik. Tidak hanya nama kafenya yang harus unik, namun nama menunya harus unik. Jangan lupa cara penyajiannya harus unik juga biar menjadi daya tarik bagi pengunjung.

Banyak cafe yang menyediakan fasilitas yang lengkap tetapi dengan kesan yang mewah. Jika usaha anda kecil-kecilan anda dapat memanfaatkan fasilitas yang terbuat dar kayu sehingga terkesan minimalis dan sederhana. Untuk usaha kafe pengunjung lebih menyukai nuansa alam dibandingkan dengan nuansa yang mewah namun tidak memilki keunikan.

Jika anda memiliki modal yang pas-pasan maka anda harus memperhatikan bahan baku yang akan digunakan. Belilah bahan baku ditempat grosir agar harganya dapat lebih murah. Demikianlah artikel mengenai perhitungan modal dan analisa usaha kafe, Perincian harga bisa saja berbeda beda disetiap kota di Indonesia, Estimasi diatas bisa saja kurang atau lebih besar. semoga bermanfaat dan bagi anda yang akan mencobanya semoga anda sukses. Amin - coffee printer murah

Artikel ini telah tayang di :  http://www.bisikanbisnis.com
dengan Judul :   Rincian Modal Buka Usaha Cafe dan Strategi nya
Penulis : admin

Posting Komentar

0 Komentar