9 Peralatan Kopi Wajib Untuk Usaha Kedai Kopi Sederhana

 9 Peralatan Kopi Wajib Untuk Usaha Kedai Kopi Sederhana

 

3d cafe,cafe latte art,ripple maker indonesia,ripple market,coffee printer,coffee latte art,warung kopi,usaha warung kopi,harga coffee maker,mesin kopi murah, harga mesin kopi,perlengkapan kopi, alat alat untuk coffee shop, jual peralatan kedai kopi

 


coffee printer murah - Jika saat ini kamu sedang mencari peralatan kopi yang dibutuhkan untuk kedai kopi sederhana maka artikel ini bisa menjadi referensi yang tepat bagi kamu.

Bisnis kedai kopi sederhana saat ini memang tengah populer di berbagai tempat.
Seiring dengan pesatnya gaya hidup minum kopi dari berbagai kalangan, menjadi sebuah peluang bisnis besar yang sangat sayang jika kamu lewatkan.

Bagi kamu yang punya rencana untuk memulai usaha kedai kopi sederhana tentu memerlukan berbagai persiapan mulai dari modal usaha, tempat usaha dan peralatan kopi yang dibutuhkan untuk dapat memulai bisnis kedai kopi anda.

Banyak orang yang ingin membuka kedai kopi sederhana, namun kesulitan dalam menentukan peralatan kopi apa yang harus di beli, Apalagi jika modal yang kita miliki terbatas.

Pemilihan alat kopi yang tepat menjadi hal penting yang harus kamu pikirkan baik-baik.


Untuk itu, pada artikel ini akan membahas berbagai kelebihan dan juga kekurangan dari berbagai jenis alat kopi yang bisa membantu kamu dalam menentukan alat kopi sesuai kebutuhan bisnis kedai kopi sederhana kamu.

Ada 2 hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu sebelum kita masuk kedalam materi.
Untuk kedai kopi sederhana sebenarnya cukup menggunakan manual brew atau alat kopi manual mengingat modal yang dimiliki hanya terbatas.

Bagi kamu yang punya modal lebih, mesin espresso bisa menjadi pilihan terbaik. Namun, pada artikel ini hanya membahas alat kopi untuk skala kedai kopi kecil atau kaki lima.


Sedikit saran pribadi, untuk dapat menekan biaya pembelian alat kopi kamu tidak wajib memiliki semua jenis alat kopi yang ada.
Dengan menyesuaikan kebutuhan kedai kopi kamu dapat mengurangi modal yang harus kamu keluarkan.

1. Rok Presso


Untuk sebuah kedai kopi, kopi espresso merupakan sebuah menu wajib yang menjadi dasar dari berbagai jenis minuman kopi yang ada.
Masalahnya, tidak semua jenis alat kopi dapat digunakan untuk membuat kopi espresso.
Rok presso merupakan sebuah alat kopi manual yang dibuat khusus untuk dapat menghasilkan espresso shot yang menjadi dasar dari berbagai jenis minuman seperti latte maupun cappuccino.
Dengan harga 2 sampai 3 juta sudah cukup untuk membawa rok presso ke kedai kopi kamu.
Selain mudah untuk digunakan, rok presso juga memiliki daya tahan yang cukup tinggi sehingga dapat menjadi investasi panjang bagi kedai kopi yang kamu miliki.
Ditambah lagi, alat ini tidak memerlukan listrik sehingga tidak menambah beban operational kedai kopi kamu.
Di lain sisi, rok presso memang di buat khusus hanya untuk menghasilkan espresso shot. Jadi kamu tidak bisa menggunakan alat ini untuk membuat jenis minuman kopi lainnya.


2. Grinder


Biji kopi akan lebih baik jika digiling sesaat kamu ingin menyeduh kopi. Dengan cara ini dapat menjadi kesegaran dan juga kualitas dari biji kopi yang kamu punya.
Ada 2 jenis Grinder atau mesin penggiling biji kopi.
Manual grinder - disebut juga sebagai hand grinder, dengan alat ini kamu tidak memerlukan listrik untuk dapat menggunakannya.
Selain itu, manual Grinder memiliki harga yang cenderung lebih murah.
Dengan varian harga yang beragam, kamu bisa mendapatkannya dengan harga dibawah satu juta.
Namun, jika kamu memilih penggiling kopi manual harus siap untuk sedikit repot untuk menggiling maupun melakukan pengaturan tingkat kekasaran dalam menggunakannya.
Automatic grinder - untuk kamu yang tidak mau repot dalam menggiling biji kopi, alat ini merupakan solusi terbaik bagi kamu.
Dengan bantuan listrik, proses menggiling biji kopi akan lebih mudah dan efisien.
Selain itu, dalam penggunaannya juga lebih mudah jika dibandingkan dengan grinder manual. Yang perlu kamu perhatikan hanyalah untuk rutin melakukan pemeriksaan dan juga pembersihan mesin agar dapat bertahan dalam waktu yang lama.
Tentunya kamu harus sedikit memberikan budget untuk dapat memiliki grinder jenis ini.
Kamu bisa mendapatkannya dengan harga 800 ribu ke atas tergantung merek dan kualitas dari mesin penggiling kopi tersebut.


3. French Press


Jika kamu membutuhkan alat kopi yang praktis dan mudah digunakan french press merupakan alat kopi yang tepat.
Hadir dalam berbagai kapasitas, salah satu alat kopi tertua ini dapat menghasilkan kopi hitam lebih dari 4 gelas dalam waktu 4 menit.
Selain itu kamu bisa memanfaatkan french press untuk membuat berbagai jenis minuman lainnya seperti teh.
Ditambah kamu bisa membuat foam susu untuk berbagai keperluan seperti campuran pada cappuccino atau latte art tanpa harus menggunakan mesin espresso.
Caranya dengan menuangkan susu yang telah kamu panaskan terlebih dahulu kedalam french press yang dilanjutkan dengan mengocok filter secara berulang sampai menghasilkan foam dari susu.


4. Pour over


Banyak orang yang berpendapat metode drip coffee merupakan cara terbaik untuk menyeduh kopi dengan hasil yang sempurna.
Salah satu yang menjadikan pour over istimewa adalah hasil seduhan yang dipengaruhi oleh sang peracik atau pembuat kopi tersebut.
Singkatnya, beda peracik beda juga rasa kopi yang dihasilkan. Ditambah proses pembuatannya dapat menjadi daya tarik sendiri untuk di saksikan oleh para pelanggan kedai kopi kamu.
Ada beberapa jenis alat kopi yang mengadopsi metode coffee drip atau pour over seperti melita, chemex dan yang paling populer yaitu Hario V60.
Kamu bisa mendapatkan alat kopi ini dengan harga yang beragam mulai dari seratus ribu keatas tergantung bahan yang digunakan.
Sayangnya, untuk dapat menggunakan alat kopi ini kamu memerlukan perlengkapan kopi lainnya seperti kertas filter dan kettle yang harus kamu beli secara terpisah atau dengan satu paket namun dengan harga yang lebih tinggi.


5. Vietnam drip


Jika yang kamu butuhkan adalah alat kopi yang dapat menghasilkan rasa kopi yang pekat Vietnam drip merupakan pilihan yang tepat.
Selain itu alat kopi ini memiliki harga yang relatif lebih murah dan bisa kamu beli mulai dari harga 100 ribu ke atas.
Umumnya Vietnam drip digunakan untuk jenis minuman yang dicampur dengan susu kental manis untuk dapat menyeimbangkan rasa pahit hasil dari waktu seduh yang cukup lama dan bisa berlangsung lebih dari 10 menit.


6. Aeropress


Aeropress disebut dapat menghasilkan kopi dalam waktu yang singkat, Aeropress dapat menjadi pilihan tepat bagi kamu yang membutuhkan alat kopi dengan kemampuan dapat menghasilkan kopi dalam waktu singkat.
Dalam penggunaannya kamu hanya perlu memasang kertas filter dan melakukan pressing untuk memberikan tekanan dalam menyeduh kopi menggunakan alat ini.
Harganya yang relatif murah juga menjadi salah satu alasan banyak orang menyediakan alat ini pada kedai kopi mereka. Kamu bisa mendapatkannya mulai dari harga 500 ribu keatas untuk satu paket Aeropress lengkap dengan satu set kertas filter dan coffee scoop.

7. Moka Pot



Dengan cara seduh seperti memasak air, Moka pot yang juga dikenal dengan sebutan Bialetti ini juga cocok menjadi pilihan alat kopi bagi kedai kopi kamu.
Meski harus menggunakan kompor kecil atau sumber panas lainnya, kopi yang dihasilkan oleh alat ini tidak akan mengecewakan. Apalagi jika kamu penggemar kopi dengan cita rasa pahit dengan aroma yang dominan.
Moka pot merupakan pilihan tepat yang bisa kamu dapatkan mulai dari harga 200 ribu keatas tergantung kapasitas yang kamu inginkan.


8. Syphon


Memiliki design futuristik dan selalu bisa menarik perhatian para pelanggan, jenis alat kopi yang satu ini juga dapat menghasilkan cita rasa kopi terbaik.
Dengan bentuk seperti gelas pada labolatorium, Syphon coffee maker memiliki motede penyeduhan vakum yang membutuhkan sumber panas yang dapat dihasilkan dari mini burner.
Dengan alat ini para pelanggan kamu bisa mendapatkan nilai “hiburan” tersendiri saat melihat proses pembuatan kopi menggunakan Syphon. Namun, masalah harga memang cukup berat untuk kantong dan kamu membutuhkan 500 ribu keatas untuk dapat memilikinya.


9. Coffee Equipment


Terdapat banyak sekali perlengkapan kopi diluar beberapa alat kopi yang telah kita bahas sebelumnya.
Masalahnya jika kita jelaskan satu-persatu akan membuat aritikel ini sangat panjang dan kamu lelah untuk terus membacanya sampai tuntas.
Untuk itu mempermudah silahkan lihat gambar dibawah ini yang berisi perlengkapan yang mungkin saja kamu butuhkan untuk kedai kopi sederhana yang saat ini sedang kamu persiapkan. - coffee printer murah

Artikel ini telah tayang di :  https://kumahasuben.blogspot.com
dengan Judul :    9 Peralatan Kopi Wajib Untuk Usaha Kedai Kopi Sederhana
Penulis : Hariri Suben

Posting Komentar

0 Komentar